Sabtu, 07 April 2012

Jumlah Pengguna Ponsel Di Indonesia

A. Berapa Banyak Pengguna Ponsel Di Negara Kita??

Penggunaan telepon selular (ponsel) di Indonesia juga semakin berkembang. Berdasarkan survei dari Nielsen, dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara, persentase pengguna ponsel di Indonesia meningkat paling besar, yaitu dari 23 persen menjadi 53 persen dalam empat tahun terakhir.
Meskipun pertumbuhannya cukup besar, penetrasi telekomunikasi di Indonesia tersebut masih kurang dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Persentasi jumlah pengguna ponsel di Indonesia masih paling rendah dibandingkan Singapura (91 persen), Malaysia (76 persen), Thailand (72 persen) dan Filipina (57 persen).
Padahal, penduduk Indonesia berdasarkan sensus terakhir berjumlah 238 juta, sehingga
berdasarkan survei tersebut maka bisa disimpulkan masyarakat Indonesia yang menggunakan ponsel saat ini berjumlah sekitar 125 juta orang.
Padahal, berdasarkan data yang ada, nomor ponsel yang beredar di masyarakat saat ini lebih dari 180 juta, sehingga dipastikan banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan lebih dari satu ponsel untuk berkomunikasi. Beberapa waktu lalu Ketua Umum Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Sarwoto Atmosutarno mengakui penetrasi telekomunikasi masih harus terus ditingkatkan.
"Jaringan telekomunikasi saat ini telah mencakup 100 persen. langkah untuk memperbanyak penetrasi adalah dengan semakin banyaknya ponsel-ponsel murah yang dijual oleh para vendor dan biaya layanan yang murah pula," tandasnya.
Selain itu jelasnya, upaya yang dilakukan oleh operator telekomunikasi juga terus
meningkatkan penetrasi internet ke masyarakat. Dijelaskannya, sesuai dengan pertumbuhan ekonomi, maka dengan sendirinya penetrasi akan meningkat. Pihak operator telekomunikasi harus menyiapkan infrastrukturnya.
Direktur Utama PT Telkomsel tersebut mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan strategi agar penetrasi broadband juga tinggi. Bila pelanggan Telkomsel mencapai 100 juta lebih, maka pengguna internet saat ini baru 23 juta pelanggan.
Telkomsel, jelasnya, menjadikan 40 kota berbasis broadband yang menelan investasi sekitar Rp 6,6 triliun atau 60 persen dari total belanja modal 2011 sebesar Rp 11 triliun.
Telkomsel kini didukung tidak kurang dari 38 ribu BTS, yang 8.300 di antaranya adalah BTS 3G (Node B). Rencananya tahun ini akan ditambah 4.000 Node B.
Survei Nielsen menyebutkan, penggunaan Internet di kalangan kelas menengah memperlihatkan pertumbuhan yang sangat pesat, yaitu dari 15 persen menjadi 23 persen. Pertumbuhan ini jauh lebih tinggi daripada di kalangan kelas atas, meski penetrasi Internet di kalangan kelas atas adalah yang tertinggi dibandingkan segmen lainnya, yaitu sebesar 40 persen. Secara umum, mayoritas pengguna Internet berasal dari kelas menengah.

0 komentar:

Poskan Komentar